Sentimen Mereda, IHSG Berpotensi Rebound Pekan Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan mengalami kenaikan setelah terkoreksi pada pekan lalu. Hal ini dipicu oleh meredanya inflasi di Amerika Serikat (AS) dan peningkatan indeks konsumen pada April 2023 yang akan memicu indeks untuk naik.

Analis Surya Fajar Sekuritas, Raphon Prima, mengatakan bahwa pekan ini IHSG akan rebound terutama pada sektor energi. Sentimen utama pekan ini berasal dari rilis inflasi AS pada bulan April yang akan dirilis pada hari Rabu mendatang.

“Inflasi AS berpotensi untuk turun di bawah 5% pada bulan April dan akan memicu rally pasar global. Dari domestik, angka indeks keyakinan konsumen April yang akan dirilis pada hari Selasa diperkirakan mampu juga memberikan tambahan tenaga IHSG untuk rally,” jelasnya.

Dengan meredanya inflasi AS, saham-saham perbankan menjadi primadona akibat potensi pemangkasan suku bunga oleh Bank Indonesia (BI). Selain itu, sektor konsumsi juga berpotensi bergerak atraktif pada kuartal II-2023 yang ditopang oleh tren penurunan inflasi yang bisa menolong perusahaan konsumsi untuk mengendalikan beban operasional.

Simak juga:  Mandiri Sekuritas Berikan Tips untuk Meningkatkan Keuntungan di Sesi I

“Saham PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) dengan target harga Rp 1.000 dan juga PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) dengan target harga Rp 1.200,” ujar Raphon Prima.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Chisty Maryani, juga memperkirakan indeks akan mengalami penguatan terbatas. Proyeksi ini didukung oleh rilis data ekonomi domestik yang merepresentasikan fundamental ekonomi nasional masih tumbuh solid.

Misalnya, PMI Manufaktur Indonesia yang masih tercatat dalam level ekspansif 52,7. “Akselerasi produksi ditopang oleh solidnya permintaan dalam negeri ditengah menurunnya kinerja ekspor akibat potensi perlambatan ekonomi global,” kata Chisty Maryani.

Dalam hal ini, IHSG diperkirakan akan kembali masuk ke zona hijau pada pekan ini setelah terkoreksi pada pekan lalu. Semua sektor terutama sektor energi akan mengalami peningkatan. Selain itu, meredanya inflasi di AS juga akan memberikan dampak positif terhadap saham-saham perbankan. Semua faktor tersebut akan memberikan tambahan tenaga IHSG untuk rally.

Ikuti Update Berita Terkini Sekilasinfo.net di : Google News