11 Rekomendasi Toko Batik Jogja Terbaik dan Terlengkap

toko batik jogja

Cari info tentang toko batik yang bagus dan lengkap di jogja? simak artikel Rekomendasi Toko Batik Jogja ini ya

Saat berkunjung ke Jogja belum puas bila belum membeli buah tangan khas jogja untuk keluarga, saudara, teman-teman maupun dipakai sendiri. Salah satu buah tangan yang cocok dibeli apa lagi dari jogja selain gudeg, salak, oblong, aksesoris yakni kain batik. di Yogyakarta berbagai jenis varian dan ragam batik bisa ditemukan.

Mulai dari kemeja batik, tas batik, topeng batik dan souvenir batik bisa anda temui di Jogja. Bagi anda yang ingin mencari batik kami rekomendasikan beberapa toko batik jogja yang bisa anda kunjungi

Pasar Beringharjo

toko batik jogja beringharjo

Pasar ini sudah berdiri sejak jaman dahulu dan menjadi bagian tak terpisahkan dari Yogyakarta dan menjadi ikon kota ini. Pasar beringharjo juga bisa disebut pusat batik jogja. Pasar ini sama dengan pasar pasar lainnya yang menjual produk-produk kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi pasar ini menjadi pusatnya oleh-oleh Yogyakarta salah satunya batik yang areanya menjadi salah satu wilayah paling ramai dan strategis.

Batik yang dijual di pasar ini merupakan hasil dari kerajinan batik di Jogjakarta dan ada pula dari kota sekitar jogja seperti solo dan pekalongan. Selayaknya dipasar anda dapat menawar apapun yang anda beli disini, sehingga pastikan anda menawar harga untuk mendapatkan harga terbaiknya. Dengan hal tersebut pasar beringharjo bisa disebut juga grosir batik jogja.

Pasar Beringharjo bisa anda temukan di Jalan Margomulyo No. 16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta. Deretan toko-toko di Pasar Beringharjo buka mulai pukul 08.30 hingga 21.00 WIB.

Jalan Malioboro

toko batik jogja

Salah satu destinasi wisata dan pusat kunjungan wisatawan di jogja adalah Jalan Malioboro. Pasar beringharjo juga masih berada di sepanjang jalan malioboro. Di sepanjang Jalan Malioboro terdapat berbagai macam toko oleh-oleh mulai dari bakpia, pernak Pernik khas jogja dan juga batik yang bisa anda kunjungi.

Di sepanjang Jalan Malioboro ini terdapat dua tempat berbelanja batik yakni di tempat pedagang kecil di teras ruko-ruko dan juga toko-toko batik besar ternama. Beberapa merek batik ternama memiliki gerai di Jalan Malioboro. Contohnya, batik keris, Batik Kencana Ungu, Batik Danarhadi dan berbagai toko batik lainnya. Anda tinggal memutuskan untuk membeli dimana dapat anda sesuaikan dengan budget dan selera anda.

Mirota Batik 

toko batik jogja

Mirota Batik atau juga disebut Hamzah Butik merupakan salah satu toko yang berada di ujung jalan Malioboro tepat di depan Pasar Beringharjo. Toko ini memiliki tiga lantai . Meskipun bernama Mirota Batik, toko ini juga menyediakan berbagai macam kerajinan tangan dan benda-benda unik seperti wayang, gelas, patung, kalung dan benda lainnya yang bisa anda jadikan oleh-oleh. 

Toko ini menyediakan berbagai macam batik seperti batik cap dan juga batik tulis. Harga yang ditawarkan di sini merupakan harga pas yang tidak ditawar. Akan tetapi harga masih cukup masuk akal jadi anda tidak perlu khawatir anda tidak perlu khawatir akan mendapat harga yang tidak cocok. 

Kampung Batik Giriloyo

toko batik jogja

Giriloyo merupakan kampung batik jogja, kampung batik ini sudah dikenal sejak abad ke-17 masehi atau sekitar 1700. Kampung ini merupakan salah satu pusat pengrajin batik di Jogja. Selain menjual berbagai macam batik, tempat ini juga juga dapat digunakan untuk anda belajar membatik. Ada kursus batik yang bisa diikuti dalam waktu yang singkat. Dikursus tersebut kita bisa mempelajari Teknik dasar dari batik tulis. 

Batik tulis menjadi primadona sejak dulu di kampung batik giriloyo. Anda bisa membeli batik tulis disini dengan harga kisaran mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung kerumitan dan kualitas batiknya. Kampung ini beralamat di Jalan Imogiri Tim No. Km.14, Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul.

Batik Yudhistira

toko batik jogja

Toko ini menyediakan berbagai macam batik dan aksesoris lainnya. Di toko ini Harganya bisa dikatakan terjangkau untuk para wisatawan. Variasi batik di sini seperti batik sarimbit, dan batik batik untuk anak anak yang bisa anda beli secara grosir. Toko ini beralamat di Jalan Taman Siswa No. 150 A, Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta.

Omah Batik Jogja

Toko ini berada di Jalan Malioboro. Ditoko ini anda akan mendapatkan batik-batik model khas Yogyakarta. Selain menjual batik di sini juga menjual pakain tradisional jawa yang cukup lengkap. Untuk harga disini memiliki harga yang standar dan terjangkau, dan memiliki pelayanan yang ramah.Tempat ini mudah dijangkau dan terlihat saat kita berada disekitarnya.

Toko ini beralamat di Jalan Malioboro No.71, Sosromenduran, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Toko Batik Wisnu

Tempat berburu batik selanjutnya adalah toko batik wisnu. Di sini anda dapat berbelanja batik secara ecer maupun grosir sesuai kebutuhan anda. Anda bisa mulai berbelanja dari pukul 07.30 s.d. 21.00 WIB. Toko ini beralamat di Jalan Ibu Ruswo No. 14 Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Desa Krebet

Desa ini merupakan salah satu sentra batik yang menjadi desa wisata yang berada di Yogyakarta. Anda dapat mengunjungi desa ini untuk mencari produk-produk batik non-kain, seperti gelang batik, sandal batik, dan juga topeng batik. Desa ini memiliki tema sebagai sentra kerajinan kayu batik.

Kebanyakan dari produk-produk ini terbuat dari kayu sengon, pulai, dan mahoni. Salah satu kelebihan des aini dibanding membeli di toko adalah anda dapat melihat proses dari pembuatan kerajinan ini. Lokasi desa ini terletak di Kabupaten Bantul, sehingga cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. 

Rianty Batik

Toko ini memiliki suasana batik modern. Di toko ini anda dapat menemukan beraneka macam buah tangan batik mulai dari kemeja, daster, blouse. Sampai aksesoris batik yang mengikuti perkembangan jaman sehingga lebih menarik. Toko ini memiliki harga yang terjangkau akan tetapi harga di sini sudah harga pas sehingga tidak bisa tawar-menawar. Lokasi toko ini berada di Jalan Malioboro No.79, Sosromenduran.

Winosastro batik

Saat anda berbelanja disini anda dapat belajar langsung cara membatik sehingga menjadi keunikan tersendiri. Sangat cocok untuk anda yang berminat dengan kain batik atau hanya sekedar ingin tahu cara batik tulis diproduksi. Di lokasi ini juga menyediakan banyak motif batik sehingga anda bisa memilih batik yang sesuai dengan selera. Toko ini berlokasikan di Jalan Tirtodipuran No. 54 Mantrijeron.

Sekian beberapa rekomendasi toko batik jogja yang bisa anda kunjungi, jika anda berkunjung ke jogja jangan sampai terlewat untuk membeli di salah satu toko batik di jogja tersebut.


Baca juga :