10 Rekomendasi Tempat Ngopi Jogja

rekomendasi tempat ngopi jogja kopi merapi

Ngopi merupakan salah satu kebiasaan yang tak bisa ditinggalkan bagi anak muda jaman sekarang. Kebiasaan ini bahkan menjadi rutinitas sehari-hari yang terkadang tak bisa ditinggalkan. Nongkrong untuk ngopi sebenarnya bukan hanya suatu kegiatan minum kopi saja namun tujuan utamanya adalah berkumpul, bercengkerama, dan berbagi cerita Bersama dengan teman, kerabat, ataupun keluarga.

Salah satu kota di Indonesia yang saat ini telah tersebar banyak sekali warung kopi adalah Jogja. Jogja memang salah satu kota di Indonesia yang terkenal sangat istimewa. Berikut merupakan rekomendasi tempat ngopi Jogja yang kece dan kekinian namun dengan harga yang masih sangat terjangkau.

Angkringan Kopi Jos

Nama salah satu warung kopi ini sangat terkenal dan fenomenal di Yogyakarta. Rasanya tak lengkap jika Anda berkunjung ke Jogja namun belum mencicipi kopi jos. Warung kopi ini konsep utamanya adalah sebuah angkringan yang menyediakan berbagai macam makanan khas angkringan dan minuman dengan menu khas andalan adalah kopi jos.

Kopi jos merupakan kopi hitam panas yang disajikan dengan arang kayu membara yang langsung dicemplungkan ke dalam seduhan segelas kopi hitam tersebut. Rasanya sungguh unik, cocok bagi pecinta kopi dengan rasa pahit. Rasa pahit ini juga muncul dari arang kayu yang dicemplungkan ke dalam kopi tersebut.

Kopi jos ini pertama kali diracik oleh Lek Man, yaitu seorang penjual angkringan asal Klaten yang berjualan di Kota Jogja. Arang panas yang dimasukkan ke dalam kopi ini akan menjadi karbon aktif yang sangat baik untuk kesehatan karena akan mengikat racun atau gas berlebih dalam sistem pencernaan. Angkringan Kopi Jos terletak di dekat Malioboro, tepatnya di seberang Stasiun Tugu di Jl. Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Harga segelas kopi jos adalah sekitar Rp 5000,-. 

Spot Riyadi

Menikmati seduhan kopi sambil menikmati pemandangan megahnya Candi Prambanan dari ketinggian menjadi salah satu rekomendasi menarik untuk Anda lakukan saat weekend. Saat cuaca cerah Anda juga bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Sumbing dari Spot Riyadi ini. Jika Anda ingin mengunjunginya Anda bisa datang ke Spot Riyadi di Jalan Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Kopi Merapi

rekomendasi tempat ngopi jogja kopi merapi

Merapi memang selalu menawan sehingga memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Salah satu spot wisata bagi Anda yang merupakan pecinta kopi adalah Kopi Merapi. Di warung kopi ini Anda bisa menikmati sajian kopi langsung dari perkebunan kopi sekitar merapi sambil menikmati megahnya pemandangan Gunung Merapi. Hawa dingin lereng Merapi menambah nikmatnya suasana minum kopi. Ada pula berbagai makanan dan minuman lain yang tersedia di sini. Kopi Merapi berada di Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Warung Kopi Klotok

tempat ngopi jogja kopi klothok

Desain interior warung kopi ini sangatlah unik yaitu rumah adat Jawa dengan berbagai macam ornamen serta hiasan khas Jawa seperti patung-patung orang Jawa, sepeda ontel kuno, dan barang-barang kuno lainnya. Di dalamnya juga ada sawah sehingga Anda bisa menikmati hidangan dan menyeruput kopi sambil menikmati pemandangan sawah khas pedesaan. Aura Jawa kental apabila Anda mengunjungi warung kopi ini.

Warung Kopi Klotok menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman dengan harga cukup murah. Anda bisa memilih mau duduk di dalam rumah joglo atau di luar dengan duduk lesehan di tikar. Letak warung kopi ini adalah di Jalan Kaliurang Kilometer 16, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Watu Langit Jogja Coffee

tempat ngopi jogja

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di akhir pekan adalah menikmati kopi sambil menonton film di Watu Langit Jogja Coffee. Di tempat ini Anda juga bisa menikmati keindahan perbukitan dari ketinggian sembari merasakan semilir angin. Waktu yang paling bagus untuk berkunjung adalah saat senja hari karena bisa menikmati pemandangan sunset dari spot tersebut. Warung kopi ini terletak tidak jauh dari Tebing Breksi yaitu di Mlakon, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Bukit Bintang

bukit bintang tempat ngopi terbaik jogja

Nama asli dari bukit ini adalah Bukit Hargodumilah. Disebut bukit bintang karena Anda bisa menikmati suasana kota Jogja dari atas bukit di Gunungkidul di mana saat malam hari, lampu perkotaan dari atas bukit terlihat sangat kecil dan bertebaran banyak sekali seperti melihat bintang-bintang di langit. Anda bisa memesan kopi panas dan makanan lainnya sambil menikmati indahnya pemandangan Bukit Bintang.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta dapat melihat saat pesawat terbang take off atau landing dari Bandara Adisucipto. Namun saat menuju tempat ini Anda harus berhati-hati karena jalanan Gunungkidul yang berkelok-kelok tajam. Bukit Bintang terletak di Jalan Wonosari-Jogja KM 15, di Bukit Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Djeladjah Coffee

Bagi Anda yang merasa anak indie cocok banget untuk nongkrong di salah satu coffee shop ini. Nuansa indie kental sekali di sini terlebih musik yang diputar adalah alunan musik indie. Pecinta buku dan yang suka nulis juga mendapatkan fasilitas berupa buku-buku bacaan yang bisa Anda pinjam di tempat untuk dibaca sambil menyeruput secangkir kopi panas atau pun ngobrol berasama teman-teman. Ada juga majalah dinding yang berisi tempelan kertas-kertas yang berisi puisi yang ditulis oleh para pengunjung.

Pada dinding coffee shop ini terdapat beberapa hiasan berupa tulisan, quotes, ataupun foto mengenai travelling atau penjelajahan gunung. Sesuai namanya Djeladjah Coffee, tempat ini memiliki konsep utama mengenai travelling dan penjelajahan alam. Anda yang tertarik bisa berkunjung ke Djeladjah Coffee di Ngabean Wetan, Sinduharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Coffee Angkasa

tempat ngopi jogja

Warung kopi ini terletak di salah satu spot selfie di Bukit Wisata Pulepayung bernama Spot Angkasa. Di warung kopi ini Anda bisa mencicipi seduhan kopi dari berbagai daerah di Nusantara mulai dari Sabang hingga Merauke. Alamat Coffee Angkasa yaitu di Soropati, RT.007/RW.003, Hargotirto, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Kobessah Kopi

10 Rekomendasi Tempat Ngopi Jogja 1

Salah satu rekomendasi tempat ngopi Jogja yang menarik untuk Anda kunjungi adalah Kobessah Kopi. Di tempat ngopi ini terdapat joglo (rumah adat khas Jogja dan Jawa Tengah) di mana Anda dapat menggunakannya untuk ngopi secara lesehan. Selain lesehan Anda juga bisa memilih ngopi di tempat dengan meja dan kursi kayu yang cukup banyak.

Selain kopi, di tempat ini juga menyediakan berbagai macam menu mulai dari makanan berat, kudapan, hingga minuman non coffee. Kobessah Kopi beralamat di Jl. Ring Road Utara No. 58, Sanggrahan, Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Mato Kopi Yogyakarta

10 Rekomendasi Tempat Ngopi Jogja 2

Mencicipi kopi rasa Jawa Timuran di Yogyakarta memang suatu hal yang unik. Salah satu yang menyediakan menu kopi rasa Jawa Timuran di Yogyakarta adalah Mato Kopi. Mato Kopi berasal dari Bahasa Madura yang memiliki arti “pecandu kopi” karena memang pemilik warung kopi ini adalah orang Madura asli.

Tempatnya sangat luas dan banyak sekali tempat lesehan sehingga Anda dapat santai ngopi dan ngobrol Bersama teman bahkan untuk jumlah yang banyak sekalipun. Tertarik mengunjunginya? Anda bisa langsung datang ke Jl. Selokan Mataram, Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat ngopi Jogja yang menarik untuk Anda kunjungi baik itu bersama teman, keluarga, ataupun pasangan. Beberapa tempat ngopi tersebut memang sangat hits dan terkenal di Jogja. Kini ngopi pun tak hanya sekedar meminum kopi namun bisa sambil menikmati keunikan tersendiri yang tiap warung kopi ciptakan.

 


Baca juga :