6 Rekomendasi Ayam Bakar Jogja

ayam bakar jogja

Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal akan kulinernya yang manis-manis misalnya gudeg. Namun, ada salah satu rekomendasi makanan menarik yang bisa Anda coba ketika mengunjungi Jogja yaitu ayam bakar.

Makanan di Jogja memang terkenal murah namun jangan sangka, ternyata makanan tersebut memiliki cita rasa yang mampu mengguncang lidah. Ingin tahu rekomendasi ayam bakar Jogja yang terkenal dengan cita rasanya yang yahud? Yuk simak artikelnya berikut ini.

Ayam Panggang Mbah Dinem

ayam bakar jogja

Rumah makan yang satu ini telah membuka cabang di banyak daerah baik di Jogja maupun Jawa Tengah. Hal unik dari hidangan ayam panggang Mbah Dinem adalah cara memasak ayamnya menggunakan sebuah wadah dari tanah liat yang diletakkan di atas api. Di atasnya juga ditutup menggunakan penutup dari tanah liat. Ketika dibuka penutupnya, aroma ayam bakar semerbak sehingga membuat Anda ingin segera mencicipinya.

Ayam dibalur bumbu kecoklatan dan rasanya cenderung pedas gurih. Oh iya ayam yang digunakan adalah ayam kampung sehingga rasa khas masakan Jawanya sangat terasa. Walaupun menggunakan ayam kampung, namun dagingnya tetap empuk dan rasa bumbunya merasuk sampai ke daging bagian dalam.

Di Jogja, Anda bisa menjumpai ayam panggang Mbah Dinem di Jl. Brigjen Katamso, Jogja atau di Jl. Pogung Kidul, Pogung Kidul, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, daerah Istimewa Yogyakarta 55284.

Ayam Bakar Artomoro Jogja

ayam bakar jogja 2

Rumah makan khusus ayam bakar ini memang sangat terkenal di Jogja. Di ayam bakar Artomoro Jogja ini hanya ada 2 menu makanan utama yaitu ayam bakar manis dan ayam bakar pedas. Keduanya dapat Anda pilih sesuai selera, apakah ingin yang pedas atau yang manis.

Ayam yang digunakan sebagai hidangan menggunakan ayam broiler dengan potongan yang cukup besar. Potongan ayam tersebut kemudian diungkep selama 5 jam agar dagingnya empuk dan bumbu merasuk sampai dalam. Setelah itu barulah dibakar atau dipanggang dengan berbagai bumbu sesuai permintaan pembeli.

Pada hidangan ayam bakar manis, setelah dipanggang atau dibakar daging ayam dilumuri dengan areh. Rasanya tentu manis dan sangat gurih. Sedangkan ayam yang pedas, setelah dipanggang atau dibakar kemudian dilumuri sambel racikan. Resep ayam bakar Jogja yang satu ini tentu sangat unik dan menarik.

Selain menu utama berupa ayam bakar, ada juga menu sampingan yang tersedia misalnya sayur asem dan pete bakar. Menu pelengkap ini tentu akan menambah nikmatnya santapan Anda. Minuman yang paling populer di sini adalah es timun kerok. Setelah makan ayam bakar, tentu sangat menyegarkan apabila minum segelas es timun kerok.

Apabila Anda tertarik ingin mencicipi ayam bakar Artomoro Jogja Anda bisa langsung mendatangi alamatnya di Jl. Palagan No.29, Karang Moko, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581.

Ayam Bakar RM Suka-Suka

ayam bakar jogja

Anda yang berada di kawasan Jalan Kaliurang dekat UGM dan sedang mencari ayam bakar yang enak, ayam bakar terdekat yang bisa Anda coba untuk cicipi adalah Ayam Bakar RM Suka-Suka. Rumah makan ini sangat ramai didatangi pengunjung terutama di jam makan siang. Jadi Anda harus cepat-cepat datang ya agar tidak kehabisan.

Rasa ayam bakar yang nikmat ini memang sudah terkenal di Jogja. Anda bisa memilih ingin memesan ayam dalam potongan besar atau potongan kecil. Agar menambah cita rasa ayam bakar supaya lebih nikmat tersedia pula 3 jenis sambal yaitu sambal matang, sambal bawang, dan sambal hijau. 

Ingin mencicipi kenikmatan ayam bakar di RM Suka-Suka? Yuk segera datang ke Jl. Kaliurang KM 5.5, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Karangwuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Ayam Taliwang Papin

ayam bakar jogja

Ingin mencicipi hidangan ayam khas Lombok di Jogja? Tenang saja, Anda tak perlu jauh-jauh ke lombok untuk mencicipi seporsi ayam taliwang karena di Jogja ada rumah makan yang menjual ayam taliwang yaitu Ayam Taliwang Papin.

Rasa khas dari ayam taliwang dipadu padankan dengan plecing kangkung dan beberapa sayur lainnya akan menciptakan rasa pedas, gurih, dan kesegaran menjadi satu sehingga sayang untuk Anda lewatkan. Selain ayam taliwang di sini juga tersedia menu ayam bakar biasa, nila, lele, dan tempe.

Untuk sepaket ayam taliwang utuh lengkap dengan nasi 2 porsi, sambal, beberok, plecing, dan tempe Anda cukup membayar seharga Rp60.000 saja. Anda juga bisa memesan dalam bentuk nasi box untuk berbagai keperluan acara. Alamat Ayam Taliwang Papin berada di Jl. Agro No.2, Kocoran, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 (sebelah barat Gudeg H. Ahmad Mbarek).

Ayam Panggang 3 Berku

ayam bakar jogja

Rekomendasi ayam panggang Jogja yang satu ini memang sudah memiliki nama di kalangan pecinta kuliner Jogja. Mereka sering kali melayani orderan nasi box untuk berbagai acara. Cita rasa dari ayam panggangnya sendiri manis dan gurih. Potongan ayamnya juga besar sehingga Anda bisa puas menyantapnya. Ayam yang manis dan gurih ini akan lengkap rasanya apabila dicocol dengan sambel lombok ijonya yang khas.

Anda bisa datang langsung untuk mencicipi keistimewaan Ayam Panggang 3 Berku di Jl. Kusumanegara No.185, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

Ayam Bakar Manis Pak Yanto

ayam bakar jogja

Dahulu, rumah makan dengan menu andalan ayam bakar ini sering disebut Ayam Bakar Genther. Bumbu bakarannya memiliki cita rasa yang spesial. Rasanya manis dan gurih yang tidak terlalu membuat eneg. Tekstur ayamnya sangat empuk dan bumbunya meresap sampai daging bagian dalam karena ayam terlebih dahulu dibumbui kemudian diungkep lama. Sehingga tidak memerlukan waktu yang lama saat proses pembakarannya.

Selain ayam bakar, di sini juga tersedia menu lainnya seperti telur, tempe, nila, lele yang bisa digoreng crispy atau dibakar. Setiap memesan menu makanan di Ayam Bakar Pak Yanto ini, akan langsung mendapatkan 2 jenis sambal yaitu sambal matang dan sambal bawang. Sambal matang rasanya pedas manis. Sedangkan sambal bawang, rasanya lebih pedas dan ada rasa gurihnya.

Ada pula lalapan yang menambah kesegaran rasa ayam bakar yaitu kubis, kol, dan kemangi yang semuanya masih fresh. Kremesan yang crispy menjadi topping yang akan semakin menambah nikmat sajian ayam bakar. Semua komponen makanan ini menjadi satu kesatuan yang sangat nikmat untuk disantap.

Anda yang ingin mencicipi ayam bakar Pak Yanto bisa langsung datang ke Jl. Wardhani, Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah istimewa Yogyakarta (belakang SMPN 5 Yogyakarta).

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba ayam bakar yang mana? Atau Anda ingin mencoba semua? Boleh banget. Semuanya dijamin memiliki cita rasa yang nikmat dan tentunya ramah di kantong. Menyantap ayam bakar bersama keluarga atau teman menjadi suatu kenikmatan tersendiri bagi Anda yang ingin berjalan-jalan menikmati wisata kuliner di Jogja.


Baca juga :