Apa itu baja ringan? bagi yang bekerja di sektor konstruksi bangunan pasti tahu tentang jenis bahan ini. Namun buat anda yang belum tahu tetang material ini : jenis, ukuran dan bentuk baja ringan, anda dapat membaca ulasannya di artikel ini. pantau terus ya.

Pengertian Baja Ringan

Baja ringan merupakan material baja yang digunakan untuk rangka konstruksi bangunan. Baja ringan adalah baja canai dingin yang keras yang diproses kembali komposisi atom dan molekulnya, sehingga menjadi baja yang lebih fleksibel.

Bahan dasar baja ringan adalah Carbon Steel, Carbon Steel adalah baja yang terdiri dari elemen-elemen yang prosentase maksimum selain bajanya sebagai berikut: 1.70% Carbon, 1.65% Manganese, 0.60% Silicon, 0.60% Copper. Alloy ini kemudian diberi coating untuk melindungi baja ringan dari potensi korosi.

Dengan kalimat penjelasan yang lebih simpel, Baja ringan terbuat galvalum, yaitu material baja dengan pelapisan yang mengandung unsur karbon, alumunium dan zinc yang tahan terhadap korosi dan sesuai standart ISO.

Jenis Profil Bentuk Baja Ringan

Nah buat anda yang ingin menggunakan rangka baja ringan, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis, bentuk dan ukuran baja ringan yang cocok untuk dipakai di konstruksi bangunan anda. Inilah jenis-jenis baja ringan yang paling populer dipakai di indonesia.

profil baja ringan

1. Profil Baja Ringan Z

Karena berbentuk seperti huruf Z, maka profil baja ringan ini dinamai profil Z. Profil baja ringan ini berfungsi sebagai profil utama dalam penyambungan, terutama untuk struktur kuda-kuda pada rangka atap. Titik berat profil ini berada pada bagian tengahnya,membuat profil baja ringan ini dapat dengan mudah menyeimbangkan beban di kanan-kirinya.

baja ringan z

2. Profil Baja Ringan C (Canal) dan W

Kedua profil baja ringan ini melengkapi fungsi sekaligus kekuatan profil baja ringan Z. Keduanya memiliki bentuk yang sama, hanya saja profil W memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan profil C.

Baja Ringan C / Canal

Baja Ringan W

Ketiga profil baja ringan ini Z, C, dan W berfungsi sebagai batang struktural yang memiliki ketebalan 0.8-1 mm.

3. Profil Baja Ringan B ( Reng)

Pada rangka atap baja ringan diperlukan batang penahan pada bagian penutup atap-nya (reng). Profil baja ringan B ini didesain lebih tipis dibandingkan profil baja ringan lainnya untuk dapat memenuhi fungsi tersebut.

Baja Ringan B ( Reng)

Merk Baja Ringan yang Berkualitas SNI di Indonesia

Mencari baja ringan terbaik memang tidaklah sulit dimana ada banyak pilihan merek baja ringan yang bisa kamu pilih, dimana mencari baja ringan terbaik juga bisa langsung di tentukan dengan adanya logo SNI.

  1. Taso
  2. Alfaprima
  3. CBM
  4. Cilegon Steel
  5. Andal Prima
  6. BMT

Itu dia beberapa pilihan baja ringan terbaik dengan standar SNI yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan. Dimana dengan hadirnya standar SNI yang dibawanya rasanya sudah cukup membuat merk tersebut menjadi pilihan terbaik karena hadir dengan standarisasi terbaik.

Penutup

Baja ringan memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan kayu untuk konstruksi saat ini. Beberapa Keunggulan baja ringan antara lain ringan, mudah dipasang, kuat, tahan lama, mudah dibentuk & disambung, tegangan tarik tinggi, serta bisa didaur ulang.

Demikian ulasan singkat mengenai jenis ukuran dan bentuk baja ringan, semoga bermanfaat.

baja juga : Kontraktor Kolam Renang Jakarta