Contoh Kalimat Majemuk Setara Terlengkap

Anda sedang bingung tentang kalimat majemuk setara dan contohnya? Tenang saja, karena kami kali ini akan membahas tentang kalimat majemuk setara dan juga contohnya. Langsung saja simak pembahasan kami dibawah ini.

Kalimat majemuk setara sering kita jumpai saat kita duduk di sekolah, entah itu dibangku SD, SMP, atau SMA kita selalu menemui yang namanya kalimat majemuk setara. Kita sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut, tapi apakah Anda mengetahui dengan betul pengertian dari kalimat majemuk setara? Langsung saja kita simak pembahasan dibawah ini.

Kalimat

Sebelum melangkah lebih jauh ke pengertian dan contoh kalimat majemuk setara, sebaiknya kita harus memahami betul apa pengertian dari kalimat itu sendiri. Kalimat adalah sebuah rangkaian yang bisa berdiri sendiri dan menyatakan makna yang lengkap. Kalimat merupakan satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh, baik melalui cara lisan maupun tulisan.

Dengan melalui tulisan, kalimat dapat dimulai atau diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tAnda titik, tAnda tanya, dan tAnda seru. Sedangkan kalimat dalam bentuk lisan, kalimat diucapkan dengan nada suara yang dapat naik atau turun, dan keras atau lembut, disela jeda, dan diakhiri intonasi akhir.

Sebenarnya baik melalui dalam wujud tulisan atau lisan,sebuah kalimat harus memiliki sebuah subjek dan sebuah predikat. Jika didalam kalimat tersebut tidak terdapat subjek dan predikat, maka kalimat tersebut tidak bisa disebut dengan kalimat, melainkan menjadi sebuah frasa.

Kalimat Majemuk

kalimat majemuk setara

Setelah Anda memahami apa itu kalimat, maka kita bisa melanjutkan langkah dengan memahami apa itu kalimat majemuk. Kalimat majemuk merupakan sebuah kalimat yang mempunyai 2 pola kalimat atau lebih yang memiliki kalimat penghubung yang dapat memperjelas kalimat tersebut. Atau bisa dengan pengertian kalimat majemuk adalah sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat lebih dari 1 klausa, jadi bisa saja didalam kalimat tersebut terdapat 2 atau bahkan lebih klausa.

Kalimat majemuk sendiri memiliki beberapa jenis kalimat, seperti kalimat majemuk setara, kalimat maajemuk rapatan, kalimat majemuk bertingkat, dan kalimat majemuk bertingkat. Pada tiap – tiap jenis kalimat majemuk ini memiliki ciri – ciri yang berbeda, sehingga dalam penggunaannya pun juga berbeda. Kali ini kita akan membahas tentang kalimat majemuk setara.

Kalimat Majemuk Setara

Kalimat majemuk setara adalah penggabungan 2 kalimat atau lebih kalimat tunggal yang memiliki kedudukan yang setara atau sejajar. Jadi bisa dibilang posisi antara kalimat satu dengan kalimaat lainnya itu sama, tidak ada perbedaan.

Ciri – Ciri Kalimat Majemuk Setara

pengertian majemuk setara

Kalimat majemuk setara memiliki beberapa ciri – ciri yang berbeda dengan jenis kalimat majemuk yang lainnya. Setidaknya ada 5 ciri – ciri yang dimiliki oleh kalimat majemuk setara, yaitu sebagai berikut:

  1. Kedudukan pola kalimat memiliki kedudukan yang setara, sehingga tidak ada perbedaan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya.
  2. Penggabungan kalimat satu dengan kalimat lainnya diikuti dengan adanya perubahan intonasi.
  3. Kalimat majemuk setara memiliki pola kalimat umum uraian jabatan kata, yaitu S – P + S – P
  4. Kalimat majemuk setara dalam menggabungkan kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya menggunakan kata penghubung yang memiliki sifat kesetaraan.
  5. Klausa pembentuknya dapat dipisahkan menjadi kalimat tunggal tanpa adanya perubahan maksud kalimat.

Jenis – Jenis Kalimat Majemuk Setara

Kalimat majemuk setara ini pun juga memiliki beberapa jenisnya, setidaknya terdapat 5 jenis kalimat majemuk setara dan tentu saja setiap jenisnya memiliki ciri – ciri yang berbeda dari satu dan lainnya. Jenis kalimat majemuk setara adalah sebagai berikut:

1. Kalimat Majemuk Setara Sejalan (Penambahan/ Penjumlahan)

Kalimat majemuk setara sejalan ini memiliki beberapa ciri – ciri, yaitu sebagai berikut:

  • Intonasi disertai kesenyapan antara.
  • Kalimat majemuk setara sejalan menggunakan konjungsi atau kata penghubung seperti, dan, serta, lagi pula, tambahan lagi, dan lain sebagainya.

2. Kalimat Majemuk Setara Memilih (Pemilihan)

Kalimat majemuk setara memilih ini memiliki beberapa ciri – ciri, yaitu sebagai berikut:

  • Ada kesenyapan antara intonasi
  • Kalimat majemuk setara memilih ini menggunakan kata tugas: atau

3. Kalimat Majemuk Setara Perlawanan

Kalimat majemuk setara perlawanan ini memiliki beberapa ciri – ciri, yaitu sebagai berikut:

  • Ada kesenyapan antara dalam intonasi
  • Kalimat majemuk setara perlawanan ini menggunakan kata tugas: tetapi, melainkan, sedangkan, padahal, dan lain sebagainya

4. Kalimat Majemuk Setara Sebab Akibat

Kalimat majemuk setara sebab akibat ini memiliki beberapa ciri – ciri, yaitu sebagai berikut:

  • Ada kesenyapan antara dalam intonasi
  • Kalimat majemuk setara sebab akibat ini menggunakan kata hubung: sebab itu, oleh karena itu, karena itu, karena, dan lain sebagainya

5. Kalimat Majemuk Setara Menguatkan (Penegasan)

Kalimat majemuk setara menguatkan ini memiliki beberapa ciri – ciri, yaitu sebagai berikut:

  • Ada kesenyapan antara intonasi
  • Kalimat majemuk setara menguatkan menggunakan kata hubung: bahkan

Contoh Kalimat Majemuk Setara

pengertian majemuk setara

Setelah kita memahami tentang pengertian kalimat majemuk setara, jenis kalimat majemuk setara, dan ciri – ciri kalimat majemuk setara, sekarang kami akan memberikan sebuah contoh mengenai contoh kalimat majemuk setara, yaitu sebagai berikut:

1. Contoh Kalimat Majemuk Setara

  • Ibu pergi ke pasar (kalimat tunggal 1)
  • Ayah berangkat ke kantor (kalimat tunggal 2)

Jika kedua kalimat tunggal diatas digabungkan, maka akan menjadi kalimat majemuk yaitu: ibu pergi ke pasar dan ayah berangkat ke kantor

2. Contoh Kalimat Majemuk Setara Sejalan

  • Budi sedang membaca buku dan Ani sedang bermain boneka
  • Anwar sedang makan nasi ketika Andi pulang
  • Rudi bekerja di PLN setelah dia lulus kuliah
  • Tina bersekolah di SMP N 33 Jakarta dan Angga bersekolah di SMP N 13 Jakarta

3. Contoh Kalimat Majemuk Setara Berlawanan

  • Meski semalam begadang, Budi selalu bisa bangun pagi agar tidak terlambat ke sekolah
  • Wahyu sangat ingin masuk universitas favorit, tapi nilai Wahyu tidak begitu bagus
  • Rani memiliki wajah yang cantik, tetapi ia memiliki sifat yang buruk

4. Contoh Kalimat Majemuk Setara Sebab Akibat

  • Ayah tidak berangkat kerja karena hari ini libur
  • Budi tidak belajar rajin akibatnya dia mendapatkan nilai yang jelek
  • Sulis tidak bisa bermain karena diluar sedang hujan deras

5. Contoh Kalimat Majemuk Setara Menguatkan

  • Satrio sudah belajar dengan rajin untuk mendapatkan nilai yang bagus bahkan ia belajar sampai lupa waktu

Itulah tadi penjelasan dari kami tentang kalimat majemuk setara dan beserta contohnya. Semoga menambah wawasan Anda mengenai kalimat majemuk setara dan juga contohnya. Sekian dari kami, apabila ada kesalahan kami mohon maaf. Terimakasih, semoga hari Anda selalu bahagia.

 


Baca juga: