Cara Membuat Absen Google Formulir

cara membuat absen google form

Jika anda sedang mencari bagaimana cara membuat absen google formulir, tidak ada salahnya anda berkunjung ke website sekilasinfo. Karena kami akan berbagi informasi bagaimana cara pembuatan google formulir absen secara lengkap dan detail.

Dimasa pandemi kita diwajibkan untuk berjaga jarak dan dilarang untuk bertatap muka demi menghindari penyebaran virus Covid 19. Begitu juga dengan proses pembelajaran siswa SD, SMP, SMA dan Kuliah yang mana diganti dengan sistem pembelajaran secara daring atau online. Sistem belajar secara daring pasti sangat membutuhkan metode absensi kelas yang baru juga, yang biasanya menggunakan buku absensi saat ini diganti dengan berbagai metode dan cara. Salah satu cara yang digunakan yaitu penggunaan google formulir untuk absensi.

Lalu bagaimana cara membuat absen google formulir yang benar agar dapat merecord kehadiran siswa? berikut adalah cara membuat absen google formulir yang lengkap dan benar.

Cara Membuat Google Formulir Absen

1. Buka Google Form di Akun Google Anda

Pertama anda masuk ke Google Akun dan buka bagian layanan google dan pilih formulir.

Jika anda belum login silahkan login dengan menggunakan email dan kata sandi yang benar.

Cara Membuat Absen Google Formulir

2. Pilihlah Bagian Kosong 

Pada bagian memulai formulir baru klik tanda + pada bagian yang bertuliskan kosong

Cara Membuat Absen Google Formulir

3. Isikan judul formulir 

Selanjutnya isikan judul formulir dan keterangan formulir anda dengan judul absensi sesuai dengan kebutuhan, Contohnya Absen Kelas Online atau dengan nama kelas anda.

cara membuat absen google form

4. Pembuatan Kolom Nama Siswa

Setelah membuat judul absen, selanjutnya yaitu membuat kolom untuk nama siswa. Pilihlah jenis kolom dengan Jawaban Singkat dan isikan nama kolom dengan Nama Siswa.

Cara Membuat Absen Google Formulir

5. Kolom Nomor Absen Siswa

Setelah pembuatan kolom nama siswa langkah selanjutnya yaitu membuat kolom nomor siswa dengan menggunakan jenis kolom Dropdown. Isikan nomor absen siswa sesuai dengan jumlah siswa di kelas anda.

cara membuat absen google formulir

6. Pembuatan Kolom Mata Pelajaran

Langkah selanjutnya setelah membuat nama siswa, anda bisa membuat kolom untuk mata pelajaran ataupun mata kuliah yang diajarkan di kelas tersebut.

Cara Membuat Absen Google Formulir

Isikan dengan nama pelajaran yang akan diajarkan contohnya seperti Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan mata pelajaran yang lainnya.

Cara Membuat Absen Google Formulir

6. Pembuatan Kolom Hari Pelajaran

Selanjutnya untuk membuat absen google form agar lebih lengkap alangkah baiknya anda menambahkan hari pelajaran. Caranya sangat sama seperti menambahkan kolom mata pelajaran yaitu dengan jenis kolom pilihan ganda. Anda dapat dengan mudah membuatnya dengan cara menduplikat kolom sebelumnya.

Cara Membuat Absen Google Formulir

Jika sudah dilakukan duplikat. Selanjutnya anda dapat mengganti nama-nama pilihan ganda yang sebelumnya dengan nama hari pelajaran.

Cara Membuat Absen Google Formulir

7. Pembuatan Link

Setelah semua kolom sudah dibuat langkah selanjutnya yaitu pembuatan link absensi google form dengan cara klik kirim pada bagian pojok kanan atas.

absensi google form

 

Selanjutnya pilih pada bagian tengah (jenis link) lalu centang bagian perpendek url dan setelah itu klik salin untuk menyalin link google form. Anda dapat membagikan link ini untuk absensi siswa setiap harinya.

Cara Membuat Absen Google Formulir 1

8. Tampilan Absen Google Formulir

Berikut ini adalah tampilan google form absen yang sudah anda buat.

 

Melihat Data Absen Google Formulir

1. Membuat Halaman Baru

Setelah semua sudah absen, langkah selanjutnya yaitu melihat data absen para siswa dengan cara klik pada Jawaban (repons) selanjutnya klik buat spreadsheet pada gambar plus warna hijau.

Cara Membuat Absen Google Formulir 2

2. Membuat Lembar Kerja Spreadsheet

Langkah selanjutnya untuk membuat lembar kerja spreadsheet yaitu dengan cara klik buat pada bagian bawah.

Cara Membuat Absen Google Formulir 3

3. Hasil Respon / Jawaban Absen

Setelah itu anda bisa melihat hasil presensi absen google form dengan spreadsheet maupun dengan melihat di bagian respons / jawaban.

Berikut adalah tampilan pada bagian jawaban / respons untuk absen google formulir. Disini anda dapat melihat data gabungan yang sudah terisi.

Cara Membuat Absen Google Formulir 4

Berikut ini adalah spreadsheet yang sudah anda buat tadi setelah pembuatan absensi google formulir.Data yang ditampilkan akan terbagi menjadi tabel baris dan kolom sehingga lebih rapih dan bisa dibuat untuk pendataan absensi kehadiran siswa. Cara Membuat Absen Google Formulir 5

Nah itulah cara membuat absen google formulir yang bisa anda lakukan untuk pembuatan sistem absen di masa-masa dimana sistem pembalajaran yang masih online. Dengan pembuatan absensi google form seperti diatas maka data yang akan masuk juga menjadi lebih akurat dan detail karena terdapat timestamp sehingga dapat mengetahui tingkat kerajinan siswa dalam mengisi absen dan juga tingkat keterlambatan siswa. Dengan begitu anda dapat mengelola dan mempertimbangkan nilai sesuai dengan tingkat kerajinan siswa.


Baca juga :