9 Software Untuk Edit Video PC Gratis

Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai software untuk edit video PC khusus bagi anda yang sedang ingin mencoba mengedit video menggunakan PC atau laptop yang memiliki spesifikasi terbatas. Aplikasi atau software untuk edit video PC yang kami rekomendasikan ini memiliki sistem kerja yang ringan dan gratis sehingga tidak memberatkan sistem kerja pc atau laptop anda serta semoga aplikasinya cocok untuk anda.

Banyak sebab yang membuat anda terpaksa mengedit video, mulai dari tugas seklah atau kuliah, hingga mengedit video untuk konten youtube.

Bagi anda yang masih belajar mengedit video, kami sarankan untuk memakai aplikasi yang gratis terlebih dahulu atau yang mudah untuk digunakan.

Namun bila anda menginginkan hasil yang baik dan bagus, aplikasi yang lebih mumpuni dan lebih banyak fiturnya lebih cocok untuk anda, tetapi anda harus mengeluarkan uang anda cukup lumayan untuk membeli aplikasi tersebut.

Daftar Aplikasi Edit Video PC Gratis Terbaik

Disini, kami sudah merangkum beberapa software untuk edit video PC gratis terbaik yang bisa anda jadikan referensi. Mari kita simak.

Wondershare Filmora

filmora

Wondershare Filmora adalah pilihan yang sempurna jika Anda adalah orang yang mencari aplikasi edit video yang mudah digunakan. Tampilan software edit video ini sangatlah sederhana dan memiliki banyak template sehingga Anda dapat menghasilkan video dengan cepat. Anda dapat memasukkan efek, stiker, dan filter yang mudah digunakan di dalam kreasi video Anda.

Filmora menyediakan juga wondershare drive yang dapat membantu Anda untuk mengedit video online dan offline, termasuk dari 2 perangkat yang berbeda. Menarik bukan? Anda dapat menghasilkan video dari mana saja, baik menggunakan laptop, HP, maupun komputer orang lain (ups, ini tidak lazim sih!)

Kelebihan aplikasi edit video yang ringan ini adalah memiliki banyak fitur yang memanjakan pengguna. Filmora didesain untuk membantu Anda menghasilkan video dengan mudah dan cepat. Saat ini, Filmora versi 12 telah banyak didukung Artificial Intelligence bernama Smart AI, yang dapat membantu Anda mengedit video dengan mudah dan cepat. Fitur bertenaga AI sangatlah cocok untuk editor video pemula dimana Anda hanya perlu menyeret dan menjatuhkan klip, memilih tema, dan memilih musik, dan video Anda selesai!

Filmora tersedia untuk komputer Windows dan Mac, sedangkan untuk versi aplikasi seluler bernama FilmoraGo. Anda dapat unduh gratis dari website resmi mereka.

Windows Movie Maker 10

Windows Movie Maker 10

Windows Movie Maker atau disingkat WMM adalah sebuah program atau software untuk edit video PC yang sederhana, didesain untuk pemilik PC dengan sedikit pengalaman untuk membuat video rumahan. Sebenarnya dalam hal ini, Microsoft sudah memperkenalkan fasilitas WMM ini di Windows Millennium Edition (Me) waktu lalu. Tetapi waktu itu masih sebagai tambahan atau Accessories.

Dengan menggunakan WMM ini Anda bisa melakukan pengeditan video sederhana dan memainkannya melalui Windows Media Player. Kemudian Anda juga bisa mengkopinya ke CD dan dijadikan koleksi video Anda.

Kelebihan Windows Movie Maker ini mampu bekerja dengan baik pada video kamera digital maupun analog. Meskipun WMM ditujukan untuk bekerja langsung pada camcorder DV. Namun WMM ini pun sudah mendukung capture card analog PCI dan web kamera berbasis USB. Hal ini dapat Anda buktikan ketika memasang DV Camcorder maka pada saat Anda menggunakan Microsoft Windows XP sehingga secara otomatis akan dikenali dan membuka Windows Movie Maker.

Jadi, windows movie maker merupakan software  pengolah video yang bawaan dari windows XP Movie Maker terinstall sewaktu Anda menginstall windows xp secara otomatis. Meskipun program bawaan dan bukannya program yang berdiri sendiri, Movie Maker mampu menjadi program video editing yang handal.

Avidemux

Avidemux

Jika anda tidak suka ribet dengan banyak fitur profesional aplikasi yang satu ini cicik untuk anda.

Memiliki tampilan yang sangat sederhana pada tampilan antarmukanya sehingga mempermudah pemula dalam mengedit video serta aplikasi ini juga dilemkapi beberapa fitur yang cukup sederhana.

Anda tidak perlu membeli atau berlangganan aplikasi ini karena aplikasi ini sepenuhnya gratis.

HitFilm Express

9 Software Untuk Edit Video PC Gratis 1

Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi yang gratis tanpa biaya apapun. Meski gratis secara penuh, aplikasi ini tetap dibekali dengan beberapa fitur sederhana yang cukup untuk mengedit video.

Aplikasi edit video ini pas untuk para pemula yang mau belajar editing video tanpa menengeluarkan biaya.

Namun bila anda ingin fitur yang lebih lengkap, anda dapat menjajal aplikasi HitFilm Express dalam versi yang berbayar.

OpenShot

OpenShot

OpenShot merupakan sebuah software editing video PC yang benar-benar sepenuhnya tanpa biaya.

Didalam aplikasi ini anda dapat menemukan kelengkapan fitur yang dasar untuk mengedit video, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur timeline walau tampilannya masih sederhana.

Bahkan tidak hanya fitur dasar yang dimiliki aplikasi ini, tetapi aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan fitur sekelas aplikasi profesional yang berfungsi untuk menambahkan animasi pada video yang sedang dilakukan proses editing.

Shotcut

Shotcut

Ini adalah salah satu dari beberapa aplikasi atau software untuk edit video PC gratis terbaik yang kami rekomendasikan karena menawarkan tampilan antarmuka yang sederhana dan mudah untuk anda pahami sehingga mudah untuk di pelajari.

Untuk mempermudah anda dalam proses editing video, fitur timeline, effect, preview, dan media sudah disematkan di aplikasi untuk edit video PC gratis ini.

Lightworks

Lightworks

Aplikasi atau software untuk edit video PC yang satu ini berbeda dengan aplikasi edit video pada umumnya, karena aplikasi ini memberikan paket video yang cukup kreatif. Ini cocok untuk digunakan dalam membuat video konten media sosial ataupun youtube.

Bagi anda yang sudah ahli atau profesional tetapi ingin aplikasi yang gratis sebagai alternatif, aplikasi ini cocok bagi anda karena fitur yang disediakan dalam aplikasi edit video ini sudah cukup lengkap dan sangat nyaman untuk anda gunakan.

VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor

Tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun anda sudah bisa menggunakan aplikasi ini karena aplikasi ini benar-benar gratis, sesuai namanya.

Walaupun tidak berbayar, fitur dasar yang dimiliki oleh aplikasi ini sudah cukup untuk mengedit video dan juga dilengkapi fitur profesional untuk menambah indah video yang diedit.

Yang membuat kagum adalah aplikasi ini memiliki fitur timeline yang cukup detail mirip dengan profesional tetapi masih mudah untuk dipahami dan digunakan.

Software untuk edit video PC yang berikutnya adalah VSDC Free Video Editor, ini bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin mengedit video di PC dengan gratis, aplikasi ini menawarkan banyka fitur yang cukup menarik.

Selain itu, tampilan antarmukanya software untuk edit video PC ini pun cukup sederhana yang membuat anda mudah untuk mengoperasikan aplikasi ini.

Blender 3d

Blender

Aplikasi atau software untuk edit video PC yang satu ini merupakan aplikasi yang memiliki ukuran ringan yang bisa menjadi pilihan anda, tak hanya ringan, tetapi aplikasi ini juga menawarkan fitur yang lengkap seperti aplikasi profesional.

Yang tersedia didalam aplikasi ini adalah fitur seperti fitur-fitur dasar, kemudian ada live preview, scrubbing, waveform visualization, syncing, dan audio mixing.

Demikian beberapa rekomendasi software untuk edit video PC gratis terbaik yang dapat kami rangkumkan untuk anda.

VirtualDub

VirtualDub software untuk edit video pc

Aplikasi Virtual Dub ini juga dinilai sebagai aplikasi yang ringan dan sangat pas digunakan di PC yang memiliki spesifikasi yang terbatas. Bagi anda yang ingin melakukan editing video namun spesifikasi pc tidak memenuhi maka kami sangat menyarankan untuk mengunduh virtual dub ini. Karena fitur dan tool nya hampir sama dengan editing video yang lainnya. Namun tetap saja, untuk fitur tertentu dari aplikasi ini tidak selengkap aplikasi lainnya. Bahkan masih kalah dengan aplikasi vsdc, videopad video editor dan lainnya. Untuk fitur dan Tools basic sudah tersedia dengan lengkap di aplikasi ini seperti trimming, spliting, cutting, penambahan judul dan fitur basic lainnya.

Semoga apa yang kami berikan bisa menjadi tambahan pengetahuan dan wawasan mengenai software video editor Gratis serta bermanfaat bagi kita semua, Terima kasih.